News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

kegiatan bedah rumah milik bah Endin ini merupakan progam kolaborasi antara Polsek Bojong bersama Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta dan TNI

kegiatan bedah rumah milik bah Endin ini merupakan progam kolaborasi antara Polsek Bojong bersama Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta dan TNI


MangsiJabar-PURWAKARTA - Endin (55) bisa bernafas lega, bagaimana tidak, rumahnya yang nyaris roboh di Kampung Kertamanah, Desa Kertasari, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, bakal diperbaiki Polsek Bojong bersama Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta. 

Bah Endin yang tinggal bersama istrinya yakni Aan (50) serta anaknya menempati rumah yang sudah reot dan lapuk termakan usia. Bahkan, rumah yang hanya terbuat dari ayaman bambu dan nyaris roboh sudah tak layak untuk dihuni.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Bojong, IPDA Budiman mengatakan, kegiatan bedah rumah milik bah Endin ini merupakan progam kolaborasi antara Polsek Bojong bersama Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta dan TNI. 

"Kondisi tempat tinggal yang di diami Bah Endin bersama istri dan anaknya itu cukup memperihatinkan, dimana rumah tersebut sudah tampak usang dan lapuk," kata Pria yang akrab disapa Abah Budiman itu, pada Sabtu, 19 November 2022.

Peduli akan hal itu, Polsek Bojong bersama Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta untuk merenovasi rumah Bah Endin agar menjadi rumah yang layak huni.

"Rumah Bah Endin memang sangat layak dibantu, karena bagian atapnya yang memang sudah rusak parah dan dinding yang terbuat dari anyaman bambu sudah bolong serta rumah tersebut sudah tak layak untuk ditempati. Kondisi rumah seperti sudah hampir roboh atapnya lapuk karena di makan usia, makanya kita optimalkan ini untuk cepat karena takut berbahaya juga apalagi sekarang lagi musim hujan dan angin kencang," Tutur Abah Budiman. 

Dirinya, mengapresiasi Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta yang telah berkolaborasi dengan Polsek Bojong untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Abah Budiman menyebut, keterlibatan Polsek Bojong dalam program Rutilahu Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta merupakan wujud sinergisitas TNI-Polri dengan masyarakat. 

“Ini merupakan gerakan wajib Polri, menjadi contoh dan pelopor usaha-usaha membantu kesulitan masyarakat disekelilingnya. Mudah-mudahan Polri selalu dekat dengan masyarakat, sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ucap Kapolsek Bojong. 

Abah Budiman berharap, hal serupa dapat terus berlanjut sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu.

"Progam kolaborasi ini sekaligus sebagai wujud pelakasanaan amanat Pak Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain yang harus respon dan peduli terhadap kondisi masyarakat dan dapat mendekatkan polri kepada masyarakat, termasuk lebih menggugah anggota polri untuk peduli terhadap sesama. Dengan baksos dapat menciptakan personil polisi yang lebih baik, karena mengedapankan hati nurani. Mudah-mudahan progam kolaborasi ini terus berlanjut, sehingga banyak masyarakat yang terbantu," ucap Abah Budiman. 

Ditempat yang sama, Kordinator Wilayah IV Jabar Bergerak, H.Ai Nurhasan mengatakan, Jabar Bergerak adalah organisasi yang terbuka.

Ia menjelaskan, Jabar Bergerak yang memiliki slogan 'Kolaborasi' adalah mitra pemerintah dalam berbagai bidang, diantaranya bidang keagamaan, pendidikan, sosial, bidang kesehatan dan lingkungan.

"Jabar Bergerak merupakan organisasi non pemerintahan, non politik, yang didirikan oleh Pak Gubernur Jabar, Ridwan Kamil bersama istrinya, Ibu Atalia Praratya," ucap Ai Nurhasan. 

Dirinya berharap program Rutilahu dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama yang belum mempunyai rumah yang layak dari sisi kesehatan.

"Karena rumah yang layak merupakan salah satu ciri dari masyarakat yang sejahtera. Terpenuhinya sandang, pangan, dan papan serta kebutuhan lahir batin," kata Ai Nurhasan. 

Sementara, Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya menjelaskan, pemberian bantuan ini dilakukan atas keprihatinan. Setelah ditelusuri, penerima merupakan warga yang sudah bertahun-tahun tinggal di gubuk yang sangat tidak layak untuk dihuni.

"Atas keprihatinan itu, Jabar bergerak Kabupaten Purwakarta menyalurkan program bedah rumah ini, kita dibantu Polsek Bojong, Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Kodim 0619/Purwakarta dan Pemerintah Kecamatan Bojong serta Pemrintah Desa Kertasari," ucap pria yang akrab disapa Gilang itu. 

Melalui program tersebut, kata dia, dengan bantuan anggaran sebesar 25 juta, dibantu oleh Polsek Bojong dan TNI, pihaknya mengupayakan tempat tinggal yang lebih layak untuk Bah Endin beserta keluarga.

"Kegiatan ini tidak akan berjalan tanpa ada dukungan dari sejumlah pihak, seperti Polsek Bojong, Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Kodim 0619/Purwakarta dan Pemerintah Kecamatan Bojong serta Desa Kertasari yang membantu proses pembangunan, semoga kedepan ini bisa berlanjut," ucap Gilang. 

Menurutnya, Jabar Bergerak tetap mengedepankan pola kolaborasi seperti arahan Gubernur Ridwan Kamil, jadi TNI-Polri, Pemerintah Kecamatan, aparatur desa dan warga juga disini memberikan bantuan melalui swadaya saat pembangunan rumah nanti, ada yang memberikan bahan bangunan, uang bahkan makanan untuk yang bekerja. 

"Kita kan di Jabar Bergerak ini punya slogan Kolaborasi dan Aksi, jadi dalam setiap hal yang kita lakukan harus dibersamai dengan dua hal itu untuk meringankan dan membentuk rasa solidaritas bersama,” tegas Gilang. 

Purwakarta, Sabtu, 19 November 2022.
Ahmad s

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar