News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pj. Bupati Sumedang Cek Kesiapan Uji Coba Program Makan Siang Bergizi

Pj. Bupati Sumedang Cek Kesiapan Uji Coba Program Makan Siang Bergizi

MangsiJabar  -  Untuk memastikan kesiapan uji coba program makan siang bergizi bagi siswa sekolah dasar, Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli didampingi Sekda Tuti Ruswati dan beberapa kepala OPD mendatangi SDN Pamoyanan Kecamatan Jatigede yang akan menjadi lokasi _launching_. 

Kunjungan tersebut diakukan Senin (9/9/2024), sehari sebelum program tersebut resmi diluncurkan oleh Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi pada 10 September 2024. 

Program makan siang bergizi yang akan diujicobakan selama dua bulan tersebut merupakan bagian dari upaya menekan angka stunting serta meningkatkan kualitas gizi anak-anak sekolah di berbagai daerah. 

Selain SDN Pamoyanan, ada SDN Sirahcai Kecamatan Jatinangor yang juga menjadi lokasi uji coba. 

Dalam kunjungannya Yudia Ramli menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, sekolah dan orang tua dalam menyukseskan program ini. tersebut. 
.
“Kami berharap, uji coba ini berhasil. Program ini harus dikontrol dan dimonitor dengan ketat, terutama dalam hal memasak, menyajikan makanan, hingga evaluasi pasca program,” tegas Yudia. 

Ia juga mengapresiasi kesiapan fasilitas di SDN Pamoyanan yang dinilai sangat baik, termasuk penggunaan bahan pangan lokal berkualitas untuk keberlanjutan program, "Program ini tidak hanya memberikan asupan makanan sehat, tetapi juga mendukung produk lokal seperti sayuran dan buah-buahan dari petani setempat," tambahnya. 

Dengan dukungan penuh dari dinas terkait, termasuk Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, Yudia optimistis bahwa program ini akan sukses. 

"Alhamdulillah, segala persiapan sudah matang. Kami bangga dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, terutama dalam memastikan infrastruktur dan standar gizi terpenuhi," ujar Yudia. 

Sebanyak 420 siswa SDN Pamoyanan telah diukur tinggi dan berat badannya sebagai bagian dari persiapan pemantauan gizi mereka. Menu makanan telah disusun dan disesuaikan dengan standar gizi, dengan biaya Rp. 15.000 tiap anak per porsi, di luar bantuan susu dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan air mineral dari BUMD Tirta Medal. 

Pemerintah daerah Sumedang berkomitmen penuh untuk mengawal program ini agar dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi kesehatan serta pendidikan anak-anak di wilayahnya. H. Deden S 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar